". Alkohol 70% Bisa Dipakai untuk Berbagai Keperluan Rumah Tangga - Beritarakyat

Alkohol 70% Bisa Dipakai untuk Berbagai Keperluan Rumah Tangga

  Alkohol 70% Bisa Dipakai untuk Berbagai Keperluan Rumah Tangga




Seiring dengan terus meningkatnya kesadaran akan pentingnya kebersihan selama masa pandemi, penggunaan alkohol 70% pun kian bertambah luas. Sebab, produk yang mudah ditemukan baik di apotek maupun mini market ini dinilai efektif untuk membersihkan permukaan benda, sehingga bisa membantu pencegahan penularan berbagai penyakit.

Tidak hanya pada benda mati, alkohol 70% juga bisa digunakan untuk mensterilkan permukaan kulit sebelum prosedur medis tertentu. Selain itu, produk ini juga menjadi salah satu bahan baku pembuatan hand sanitizer yang saat ini menjadi benda wajib untuk dibawa semua orang.

Meski begitu, apabila penggunaannya tidak tepat, alkohol dengan kadar ini juga dapat menimbulkan efek samping untuk kulit. Sehingga, walaupun secara umum aman digunakan, Anda tetap harus berhati-hati. Jangn sampai timbul iritasi dan kerusakan kulit.

Alasan alkohol 70% lebih dipilih dibandingkan alkohol 100%
Alkohol 70% merupakan bahan yang sudah sering digunakan sebagai antiseptik maupun disinfektan. Tidak hanya di rumah, produk ini juga digunakan untuk hal yang sama di rumah sakit dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya.

Lalu, mengapa yang dipilih adalah alkohol 70% dan bukan 100%? Bukankah semakin tinggi kadarnya justru semakin baik?

Jawabannya, belum tentu. Sebab, alkohol 70% akan membunuh kuman yang ada di suatu permukaan dengan cara menghancurkan dinding sel kuman tersebut. Sehingga, bakteri maupun virus yang menempel di permukaan benda bisa benar-benar mati dan hancur.

Sementara itu, alkohol 100% tidak akan menghancurkan dinding sel kuman. Justru, alkohol dengan kadar setinggi itu akan berikatan dengan lapisan protein yang ada di dinding sel kuman dan membentuk lapisan tambahan. Hal ini membuat saat bakteri ataupun virus tidak akan mati, melainkan hanya berubah memasuki fase dorman atau tertidur.

Macam-macam fungsi alkohol 70%
Karena sifatnya yang efektif untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab penyakit, alkohol 70% seringkali digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

1. Sebagai antiseptik
Antiseptik adalah bahan yang berfungsi untuk membersihkan permukaan tubuh dari kuman seperti bakteri dan virus. Seperti hand sanitizer, misalnya. Untuk bisa efektif membunuh para penyebab penyakit tersebut, suatu produk antiseptik harus menggunakan kadar alkohol di atas 50%.

Gunakanlah antiseptik untuk membersihkan tangan setelah menyentuh segala sesuatu yang kerap digunakan bersama, seperti tombol di lift dan gagang pintu.

2. Sebagai disinfektan
Fungsi disinfektan sebenarnya sama dengan antiseptik. Namun desinfektan adalah produk yang lebih banyak digunakan untuk benda mati, seperti permukaan meja, telepon genggam, ataupun pegangan tangga.

Anda bisa menggunakan alkohol 70% sebagai disinfektan untuk membersihkan berbagai permukaan benda yang sering disentuh, termasuk gunting, termometer, dan keyboard komputer.

3. Menghilangkan mual
Menghirup aroma alkohol 70% terbukti efektif untuk hilangkan rasa mual hingga setengahnya. Saat mual, Anda bisa celupkan kapas yang sudah dibentuk bulatan kecil ke dalam alkohol 70% dan hirup perlahan-lahan kapas tersebut hingga rasa mual sudah terasa berkurang.

Ingat, jangan terlalu banyak menghirup alkohol. Sebab, terlalu banyak menghirupnya malah bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti keracunan. Jadi, gunakanlah dalam jumlah yang terbatas saja.

4. Menghilangkan bau sepatu
Sepatu kita bisa menjadi sarang bakteri, terutama jika kaki pemakainya termasuk yang mudah berkeringat. Jika tidak rajin dibersihkan, bau sepatu sudah bukan cerita baru lagi.

Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan alkohol 70% untuk menghilangkannya. Caranya cukup semprotkan sedikit alkohol tersebut ke dalam sepatu lalu jemur hingga kering di bawah sinar matahari.

5. Sebagai kompres dingin
Kompres dingin bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengurangi rasa nyeri sendi atau pembengkakan di area tubuh. Untuk menggunakan alkohol 70% sebagai kompres dingin, berikut ini caranya:

Masukkan air dan alkohol 70% dengan perbandingan 2:1 ke kantung plastik atau ziplock bag.
Setelah itu, ikat atau tutup plastik dengan rapat. Namun sebelumnya, usahakan untuk mengeluarkan sebagian besar udara yang tersisa di dalam kantung, dikeluarkan.
Lalu, masukkan plastik tersebut ke plastik lain dan ulangi dengan menutupnya serapat mungkin dan dengan udara sesedikit mungkin.
Bekukan di dalam lemari pendingin selama beberapa jam.
6. Menjadikannya sebagai bahan pewangi ruangan
Anda juga bisa menggunakan alkohol 70% sebagai disinfektan sekaligus pengharum ruangan. Caranya, cukup masukkan alkohol tersebut ke dalam botol semprot dan kemudian campurkan beberapa tetes essential oil kesukaan Anda.

Semprotkan campuran tersebut ke area-area di ruangan yang menimbulkan bau tak sedap. Tidak hanya wangi, campuran ini juga akan membantu membunuh bakteri yang bersemayam di area tersebut.

7. Menghilangkan bau badan
Alkohol 70% bisa membantu menghilangkan bau badan karena cairan ini mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya aroma tidak sedap tersebut. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan sedikit alkohol ke ketiak.

Namun ingat, jangan mengoleskannya setelah Anda bercukur atau menghilangkan rambut ketiak. Sebab, alkohol bisa menimbulkan iritasi dan rasa perih di kulit. Apabila kulit Anda termasuk sensitif, jangan langsung mengoleskan alkohol secara merata di seluruh permukaan ketiak saat pertama kali mencoba.

Lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskannya beberapa tetes di area kecil pada ketiak dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya. Jika aman, maka Anda dapat coba mengoleskannya lebih luas.

8. Membersihkan brush make up
Alat make up seperti brush, juga harus dibersihkan. Sebab jika tidak, alat tersebut bisa jadi sarang bakteri yang membuat Anda jadi mudah jerawatan.

Untuk membersihkannya, cukup tuangkan alkohol 70% di wadah kecil lalu, celupkan brush make up ke dalamnya dan putar-putar selama beberapa detik. Setelah itu, cuci brush dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

9. Menghilangkan noda tinta di pakaian
Cairan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta di pakaian. Caranya, Anda cukup merendam bagian yang terkena tinta di dalam alkohol selama beberapa menit. Lalu cucilah baju seperti biasa menggunakan detergen.

Kapan penggunaan alkohol 70% harus dihindari?
Meski memiliki banyak kegunaan, bukan berarti alkohol 70% aman untuk dipakai tanpa hati-hati. Bagaimanapun juga, cairan ini tetaplah bahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping bila digunakan sembarangan.

Berikut ini adalah kondisi-kondisi dimana penggunaan alkohol 70% perlu dihindari.

Dicampurkan ke air mandi. Hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda menyerap terlalu banyak alkohol dan menyebabkan keracunan.
Mengurangi demam. Meski bisa digunakan sebagai kompres dingin, tapi alkohol 70% tidak efektif untuk demam maupun menurunkan temperatur tubuh.
Menyembuhkan jerawat. Alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan berujung pada jerawat yang semakin parah.
Menghilangkan kutu. Meski bisa membunuh kutu, alkohol berisiko merusak kulit kepala.
Anda juga perlu ingat untuk tidak meminum alkohol 70% karena bisa menyebabkan keracunan bahkan koma. Alkohol yang digunakan untuk minuman merupakan jenis yang berbeda dibandingkan dengan alkohol yang digunakan untuk antiseptik dan disinfektan ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

mesothelioma survival rates australia,mesothelioma survival rates uk,mesothelioma survival rates after surgery,mesothelioma survival rates wiki,mesothelioma mortality rates,mesothelioma survival rate stage 1,mesothelioma survival rate by stage,mesothelioma survival rate stage 2,mesothelioma survival rate without treatment,mesothelioma survival rate 2015,peritoneal mesothelioma survival rates,mesothelioma survival rates in usa introduction,abdominal mesothelioma survival rates,mesothelioma prognosis survival,stage 4 mesothelioma survival rates,survival rates mesothelioma cancer,survival rates for mesothelioma,survival rates for malignant mesothelioma,what is mesothelioma survival rates,survival rates of mesothelioma,mesothelioma surgery survival rates,insurance quotes,insurance companies,insurance near me,insurance broker,insurance definition,insurance auto auction,insurance premium,insurance adjuster,insurance marketplace,insurance deductible,insurance in spanish,insurance agent salary,insurance journal,insurance jobs,insurance agent,insuranceclaimcheck,insurance companies near me,insurance license,insurance car,insurance agency,insurance agents near me,insurance auto,insurance adjuster jobs,insurance agency near me,insurance agent jobs,insurance actuary,insurance attorney,insurance agent job description,insurance adjuster license,insurance associates,insurance adjuster salary,insurance agent license,insurance agency for sale,insurance appraiser,insurance binder,insurance broker near me,insurance broker salary,insurance breast pump,insurance by the mile,insurance bond,insurance broker license,insurance bee,insurance broker definition,insurance beneficiary,insurance blackjack,insurance broker vs agent,insurance business,insurance bad faith,insurance brokerage firms,insurance blockchain,insurance brokers of mn,insurance board,insurance claim,insurance commissioner,insurance card,insurance claim check,insurance calculator,insurance can help you,insurance company ratings,insurance carrier,insurance coverage,insurance commercials,insurance claims adjuster,insurance comparison,insurance companies in florida,insurance commission,insurance cost,insurance careers,insurance declaration page,insurance depot,insurance doctor,insurance designations,insurance direct,insurance declaration,insurance department,insurance discounts,insurance defense,insurance def,insurance dental,insurance dictionary,insurance defense attorney,insurance degree,insurance design administrators,insurance denial codes,insurance donut hole,insurance estimator,insurance exchange,insurance express,insurance endorsement,insurance exam,insurance etf,insurance enrollment,insurance exchange of america,insurance education,insurance eob,insurance exemption,insurance effective date,insurance estimate car,insurance education association,insurance examiner,insurance estimator jobs,insurance epo,insurance expense asset or liability,insurance exposure,insurance for dogs,insurance for kids,insurance for cars,insurance for veterans,insurance fraud investigator,insurance forums,insurance for college students,insurance for students,insurance for pregnant women,insurance for small business,insurance for rental cars,insurance form for taxes,insurance for less,insurance for braces,insurance for pets,insurance for dummies,insurance for rental property,insurance for teens,insurance for uber drivers,insurance geico,insurance group number,insurance general,insurance group,insurance giant,insurance glossary,insurance group number on card,insurance guy,insurance gov,insurance gap,insurance gif,insurance ga,insurance general agent,insurance guarantee association,insurance gap between jobs,insurance group of america,insurance girl,insurance game,insurance guaranty fund,insurance health,insurance house,insurance handbook for the medical office,insurance hub,insurance hmo,insurance headhunters,insurance history,insurance holder,insurance health companies,insurance humor,insurance hit and run,insurance hsa,insurance hours,insurance helper,insurance hra,insurance hotline,insurance huntsville al,insurance humana,insurance helpline,insurance insider,insurance institute for highway safety,insurance industry,insurance investigator,insurance institute,insurance information institute,insurance institute of america,insurance is a financial service that allows a,insurance icon,insurance inspector,insurance in blackjack,insurance investigator jobs,insurance industry trends,insurance id number,insurance industry news,insurance internships,insurance images,insurance intermediaries inc,insurance jobs near me,insurance jokes,insurance jobs from home,insurance jobs atlanta,insurance jobs salary,insurance jobs for nurses,insurance jobs houston,insurance jingles,insurance jobs tampa,insurance job titles,insurance jobs san diego,insurance jobs charlotte nc,insurance jobs denver,insurance jobs richmond va,insurance jobs san antonio,insurance jobs in ct,insurance jobs in nj,insurance king,insurance king commercial,insurance key terms,insurance kaiser,insurance king rockford il,insurance king reviews,insurance knowledge,insurance ky,insurance killeen tx,insurance kansas city,insurance king ohio,insurance kentucky,insurance kennewick wa,insurance keywords,insurance keeps going up,insurance kalamazoo,insurance king hours,insurance klamath falls,insurance kannapolis nc,insurance kpis,insurance lawyer,insurance leads,insurance lapse,insurance logos,insurance land,insurance law,insurance license ca,insurance linked securities,insurance license classes,insurance license texas,insurance life event,insurance license ga,insurance license exam,insurance license lookup ca,insurance license nc,insurance loss ratio,insurance lounge,insurance license search,insurance mandate,insurance meaning,insurance meme,insurance management services,insurance medical,insurance marketing,insurance mga,insurance mandate 2018,insurance management group,insurance man,insurance marketing ideas,insurance manager salary,insurance mayhem,insurance magazines,insurance mart,insurance manager,insurance michigan,insurance m,insurance news,insurance navy,insurance number,insurance noodle,insurance nation,insurance news net,insurance nurse jobs,insurance network,insurance now,insurance names,insurance nexus,insurance national producer number,insurance nurse,insurance nationwide,insurance naic number,insurance navigator,insurance news articles,insurance nerds,insurance online,insurance one,insurance office of america,insurance on the spot,insurance open enrollment,insurance options,insurance offers consumers,insurance online quote,insurance one agency,insurance on the go,insurance offices near me,insurance overload,insurance on a new car,insurance out of pocket,insurance on a leased car,insurance on rental car,insurance open today,insurance on a camaro,insurance on iphone,insurance policy,insurance policy number,insurance plans,insurance panda,insurance penalty,insurance providers,insurance policy definition,insurance places near me,insurance penalty 2017,insurance producer,insurance progressive,insurance plus,insurance places,insurance prices,insurance proceeds taxable,insurance penalty 2018,insurance ppo,insurance payor,insurance quote online,insurance quotes car,insurance quotes texas,insurance quote geico,insurance qualifying event,insurance questions,insurance quotes ga,insurance quote progressive,insurance quotes florida,insurance quotes health,insurance quotes nj,insurance quote state farm,insurance quotes ny,insurance quotes pa,insurance quizlet,insurance quote comparison,insurance quotes az,insurance quotes michigan,insurance rates,insurance rider,insurance risk,insurance reimbursement,insurance recruiters,insurance reviews,insurance rates by state,insurance risk manager,insurance retention,insurance rate calculator,insurance risk services,insurance rates by car,insurance regulation,insurance rebating,insurance reserves,insurance resume,insurance rental car,insurance rn jobs,insurance referral,insurance sales,insurance services,insurance service center,insurance services office,insurance solutions,insurance sales jobs,insurance sales agent,insurance specialist,insurance score,insurance subscriber,insurance schools,insurance sales salary,insurance stocks,insurance scams,insurance state farm,insurance settlement,insurance subscriber number,insurance synonyms,insurance slogans,insurance terms,insurance types,insurance tax form,insurance to go,insurance tpa,insurance test,insurance types word search,insurance training,insurance technology,insurance the general,insurance that covers ivf,insurance trust,insurance tax penalty 2018,insurance tax credit,insurance thought leadership,insurance total loss,insurance that covers braces,insurance tax penalty 2017,insurance tax,insurance underwriter,insurance underwriter salary,insurance underwriter jobs,insurance unlimited,insurance umbrella,insurance underwriting process,insurance usaa,insurance umbrella policy,insurance underwriter definition,insurance usps,insurance until 26,insurance uber,insurance university,insurance utah,insurance umr,insurance united,insurance usps cost,insurance underwriter resume,insurance underwriter training,insurance verification,insurance verification form,insurance verification jobs,insurance value,insurance verification specialist,insurance vocabulary,insurance verifier,insurance verizon,insurance vin check,insurance value chain,insurance violation,insurance value of my car,insurance verifier salary,insurance vs assurance,insurance verification salary,insurance verification specialist resume,insurance verification training,insurance veterans,insurance verification specialist job description,insurance verification letter,assurance wireless,insurance world,insurance waiver,insurance work from home jobs,insurance warehouse,insurance website builder,insurance wiki,insurance west,insurance wholesaler,insurance when buying a new car,insurance waiting period,insurance with the general,insurance work from home,insurance wichita ks,insurance write off,insurance words,assurance wireless customer service,insurance with no car,insurance x dates,insurance xchange,insurance xpress,insurance xenia ohio,insurance x dates leads,insurance x c u,insurance co,insurance xactimate,insurance xchange bustleton ave,insurance xfinity mobile,insurance xml standards,insurance x date definition,insurance check,insurance xol,insurance xl catlin,insurance xl,insurance xl group,insurance yuma az,insurance yakima,insurance york pa,insurance yuba city,insurance you can buy online,insurance you need,insurance youtube,insurance yellow book,insurance yelp,insurance yukon ok,insurance you almost had it,insurance yearly cost,insurance yonkers ny,insurance year,insurance yugioh,insurance yuba city ca,insurance youngstown ohio,insurance yanceyville nc,insurance you should have,insurance yuma,insurance zebra,insurance zone,insurance zone destin,insurance zombie apocalypse,insurance zone destin fl,insurance zurich,insurance zip code rating,insurance zephyrhills fl,insurance zipcar,insurance zebra review,insurance zeeland mi,insurance zanesville ohio,insurance zander,insurance zebulon nc,insurance zip code,insurance zenni optical,insurance zachary la,insurance zebulon ga,insurance zebra crunchbase,insurance quotes online,insurance quotes geico,insurance quotes comparison,insurance quotes colorado,insurance quotes california,insurance quotes sc,insurance quotes indiana,insurance quotes ky,insurance quotes allstate,

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel